kiri Avanza Tipe E 2015

Review

By editorial

Kelebihan dan Kekurangan Avanza Tipe E 2015: Pilihan Tepat untuk Keluarga Muda

Bagi masyarakat Indonesia, Toyota Avanza sudah lama menjadi sinonim dengan mobil keluarga yang andal dan terjangkau. Tidak heran, sejak kehadirannya pada 2004, Avanza terus menjadi mobil terlaris di Tanah Air. Salah satu varian yang cukup populer adalah Avanza Tipe E 2015.

Generasi Kedua Avanza

Avanza Tipe E 2015 masuk ke dalam generasi kedua Avanza yang diproduksi dari 2011 hingga 2015. Varian E sendiri berada di posisi tengah, menawarkan fitur standar yang cukup untuk kebutuhan keluarga sehari-hari dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan varian Veloz yang lebih mewah.

Desain Eksterior dan Interior

Meskipun tidak semewah Veloz, Avanza Tipe E 2015 tetap memiliki desain eksterior yang cukup modern dan fungsional. Lampu depan multireflektor dan gril horizontal memberikan kesan gagah, sementara velg alloy menambah kesan sporty. Interiornya pun lega dan nyaman, dengan konfigurasi bangku 7-penumpang yang fleksibel dan jok berbahan fabric yang mudah dibersihkan.

Kelebihan yang Menarik Hati Keluarga

Avanza Tipe E 2015Bagi keluarga muda yang mencari mobil praktis dan terjangkau, Avanza Tipe E 2015 menawarkan beberapa kelebihan yang patut dipertimbangkan:

  • Ruang Kabin yang Lapang: Keunggulan utama Avanza adalah kabinnya yang lega. Tujuh penumpang dapat duduk dengan nyaman, bahkan masih ada ruang tersisa untuk bagasi. Bangku baris kedua pun bisa dilipat atau direbahkan untuk menambah kapasitas barang bawaan.

  • Mesin Tangguh dan Irit: Avanza Tipe E 2015 tersedia dalam dua pilihan mesin: 1.3L dan 1.5L. Kedua mesin ini cukup bertenaga untuk penggunaan sehari-hari, baik di perkotaan maupun perjalanan jauh. Konsumsi bahan bakarnya pun tergolong irit, cocok untuk kantong keluarga.

  • Fitur Keamanan Standar: Meskipun standar, Avanza Tipe E 2015 dilengkapi dengan fitur keamanan dasar seperti dual SRS airbag, Anti-lock Braking System (ABS), dan sensor parkir belakang. Fitur-fitur ini memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengemudi

  • Resale Value Tinggi:

    Kepopuleran Avanza sebagai mobil keluarga yang andal dan mudah dirawat membuat harga bekasnya tetap stabil. Avanza Tipe E 2015 pun tak luput dari keuntungan ini. Nilai jualnya kembali di pasaran tergolong tinggi, apalagi jika kondisinya terawat dengan baik.

    Namun, Tidak Semua Sempurna:

    Meskipun memiliki banyak kelebihan, Avanza Tipe E 2015 juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan:

    • Desain Eksterior yang Standar: Di bandingkan dengan Veloz yang memiliki tampilan lebih sporty dan stylish, Avanza Tipe E 2015 hadir dengan desain yang lebih konservatif dan cenderung datar.

    • Fitur Kenyamanan Terbatas: Dibandingkan dengan varian yang lebih tinggi, Avanza Tipe E 2015 tidak dilengkapi dengan fitur kenyamanan seperti kursi captain seat, sunroof, atau sistem audio canggih. Hal ini mungkin terasa kurang mewah bagi sebagian orang.

    • Handling Kurang Stabil: Bodi yang tinggi dan peredaman yang kurang maksimal membuat Avanza Tipe E 2015 kurang stabil saat melaju kencang. Kurang cocok bagi mereka yang sering bepergian di tol dengan kecepatan tinggi.

Spesifikasi yang Patut Dilirik:

Avanza Tipe E 2015 sampingUntuk membantu Anda memutuskan, berikut beberapa spesifikasi penting Avanza Tipe E 2015:

  • Dimensi: Panjang 4.190 mm, Lebar 1.660 mm, Tinggi 1.695 mm
  • Mesin dan Transmisi: 1.3L (K3-VE) 91 PS @ 6.000 rpm & 119 Nm @ 4.400 rpm / 1.5L (1NZ-FE) 104 PS @ 6.000 rpm & 141 Nm @ 4.500 rpm, transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan
  • Konsumsi BBM: 14,1 km/liter (transmisi manual) & 13,6 km/liter (transmisi otomatis)
  • Fitur Keamanan dan Kenyamanan: Dual SRS Airbag, ABS, Sensor Parkir Belakang, AC, Power Window, Audio System
  • Harga Bekas: Mulai dari Rp120 juta hingga Rp150 juta, tergantung kondisi dan lokasi
Baca Juga  Kelebihan Kekurangan Innova 2005 Tangguh

Apakah Avanza Tipe E 2015 Cocok untuk Anda?

Memilih mobil adalah keputusan yang personal. Untuk menentukan apakah Avanza Tipe E 2015 cocok untuk Anda, pertimbangkanlah kebutuhan dan budget Anda. Mobil ini ideal bagi keluarga muda yang:

  • Membutuhkan mobil keluarga yang lega dan praktis
  • Mencari mobil dengan mesin tangguh dan irit
  • Mengutamakan nilai jual kembali yang tinggi
  • Tidak terlalu mempersoalkan fitur mewah

Namun, jika Anda:

  • Mencari mobil dengan desain eksterior yang stylish dan modern
  • Menginginkan fitur kenyamanan dan hiburan yang lebih lengkap
  • Sering bepergian di tol dengan kecepatan tinggi

Maka mungkin varian Avanza yang lebih tinggi atau mobil keluarga lain yang lebih sesuai dengan selera Anda.

FAQ:

Berapa harga Avanza Tipe E 2015 bekas?

Harga Avanza Tipe E 2015 bekas berkisar antara Rp120 juta hingga Rp150 juta, tergantung kondisi dan lokasi.

Apa saja biaya perawatan Avanza Tipe E 2015?

Biaya perawatan Avanza Tipe E 2015 tergolong terjangkau karena spare part-nya mudah didapat dan harganya tidak terlalu mahal.

Apakah Avanza Tipe E 2015 aman untuk keluarga?

Ya, Avanza Tipe E 2015 dilengkapi dengan fitur keamanan dasar seperti dual SRS airbag dan ABS, sehingga cukup aman untuk keluarga.

Apa perbedaan Avanza Tipe E dan Veloz?

Avanza Tipe E dan Veloz sama-sama varian Avanza, namun Veloz memiliki desain eksterior yang lebih sporty, fitur lebih lengkap, dan harga yang lebih mahal.

Apakah Avanza Tipe E 2015 irit bensin?

Ya, Avanza Tipe E 2015 tergolong irit bensin dengan konsumsi bahan bakar sekitar 14,1 km/liter (transmisi manual) dan 13,6 km/liter (transmisi otomatis).

Kesimpulan:

Avanza Tipe E 2015 merupakan pilihan yang tepat bagi keluarga muda yang mencari mobil keluarga yang praktis, tangguh, irit, dan memiliki nilai jual kembali tinggi. Namun, jika