Tips Otomotif

By editorial

Teknik dan Cara Memutar Setir Mobil Di Tikungan Dengan Benar

Berbelok di tikungan adalah suatu hal yang sering dihadapi oleh pengemudi mobil. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan teknik yang tepat dalam memutar setir mobil. JMB ingin membagikan tips cara memutar setir mobil di tikungan dengan benar dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat berbelok di tikungan.

Bagi pengemudi yang berpengalaman, memutar setir mobil di tikungan mungkin bukan masalah. Namun, bagi pengemudi baru, teknik ini perlu dikuasai. Berikut adalah teknik dan cara memutar setir mobil di tikungan dengan benar:

  1. Kurangi Kecepatan dan Berikan Sinyal Belok Sebelum berbelok di tikungan, pastikan untuk mengurangi kecepatan kendaraan dan memberikan sinyal belok. Hal ini membantu menghindari kecelakaan atau mobil tergelincir akibat kendaraan terlalu cepat melintasi tikungan. Selain itu, memberikan sinyal belok juga penting untuk memberikan tanda kepada pengemudi lain di sekitar bahwa kendaraan akan berbelok.
  2. Cek Kondisi Jalan di Sekitar Periksa kondisi jalan di sekitar Anda sebelum berbelok di tikungan. Pastikan tidak ada kendaraan lain yang sedang melintas atau adanya penghalang di sekitar tikungan. Hal ini membantu memastikan jalur yang akan dilalui aman dan memungkinkan untuk berbelok tanpa ada hambatan.
  3. Jaga Putaran Mesin Jika Anda mengendarai mobil manual, pastikan untuk menjaga putaran mesin sebelum berbelok di tikungan. Menurunkan gigi kendaraan membantu menghindari kondisi kendaraan yang terlalu sulit dikendalikan saat melewati tikungan. Saat melintasi jalan berkelok, pastikan seluruh komponen mobil berfungsi secara maksimal agar berkendara lebih aman dan nyaman.
  4. Gerakkan Lingkar Kemudi Setelah mengurangi kecepatan kendaraan dan memberikan sinyal belok, putar setir mobil ke arah yang sesuai dengan tikungan yang akan dilalui. Pastikan tidak memutar setir kendaraan terlalu cepat atau lambat karena hal ini dapat mengganggu stabilitasnya.
  5. Tambah Kecepatan Secara Perlahan Jika Sudah Berbelok Setelah kendaraan berbelok, tambahkan kecepatan kendaraan secara perlahan-lahan. Jangan menambahkan kecepatan terlalu cepat atau menginjak gas terlalu dalam karena hal ini dapat mengganggu keseimbangan kendaraan dan membuatnya sulit untuk dikendalikan.
Baca Juga  Kelebihan Mobil Bensin vs Diesel: Apa yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Mobil?

Dengan menguasai teknik dan cara memutar setir mobil di tikungan dengan benar, pengemudi dapat melakukan manuver yang aman dan terkendali saat berbelok di tikungan. Selalu perhatikan kondisi jalan dan lalu lintas di sekitar saat melakukan manuver ini.

Perhatikan juga tanda-tanda yang ada di sekitar tikungan, seperti marka jalan, tanda larangan parkir, atau tanda lainnya yang dapat membantu Anda mengontrol kendaraan.

Berbelok di tikungan memang memerlukan teknik khusus dan perhatian ekstra, terutama jika Anda pengemudi baru. Dalam melakukan manuver ini, perlu diperhatikan beberapa hal seperti mengurangi kecepatan kendaraan, memberikan sinyal belok, memeriksa kondisi jalan di sekitar, menjaga putaran mesin, memutar setir kendaraan dengan benar, dan menambah kecepatan secara perlahan-lahan setelah berbelok.

Dengan menguasai teknik dan cara memutar setir mobil di tikungan dengan benar, Anda dapat menjaga keselamatan dan kenyamanan saat berkendara. Jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi kendaraan dan melakukan servis berkala di bengkel resmi seperti JMB agar mobil Anda selalu dalam kondisi yang prima.