Panduan Mengecek Mobil Bekas saat Melihat Mobil - Tips Lengkap [2023]

Tips Otomotif

By editorial

Cara Mengecek Mobil Bekas: Panduan dan Tips Lengkap

Jika tujuan Anda adalah membeli mobil bekas, penting untuk mengetahui bagaimana cara memeriksa kondisinya secara cermat. Hal ini akan memastikan bahwa Anda mendapatkan mobil dengan kualitas yang baik dan menghindari biaya perbaikan yang tidak diinginkan. Dalam artikel ini, kami akan menyajikan panduan lengkap mengenai cara mengecek mobil bekas, termasuk panduan untuk memeriksa mobil bekas yang pernah terkena banjir.

1. Cara Mengecek Mobil Bekas Saat Melihat Mobil

Langkah pertama yang sangat penting dalam mengetahui kondisi mobil bekas yang diminati adalah dengan memeriksa kondisi mesin mobil. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperiksa terkait dengan mesin mobil:

a. Memeriksa Mesin Mobil
Periksa ruang mesin mobil dengan membuka bagian kap mesin dan periksa sekelilingnya. Jika cat mobil terlihat baru dan tidak ada tanda-tanda bekas cat ulang pada ruang mesin, dapat diasumsikan bahwa mobil tidak pernah mengalami perbaikan mesin yang signifikan.

b. Memeriksa Rembesan Oli atau Bensin
Perhatikan adanya kebocoran oli atau bahan bakar dengan memeriksa setiap bagian mesin mobil, termasuk rembesan oli dan cairan lainnya. Periksa juga warna oli mesin, karena warna coklat keputihan dapat menjadi indikasi bahwa mobil pernah terkena banjir.

c. Memeriksa Getaran Mesin
Perhatikan getaran mesin saat mobil dalam keadaan menyala. Jika terdapat getaran yang tidak wajar dan tidak seimbang, ini dapat menjadi tanda bahwa mesin mobil tidak dalam kondisi baik.

Baca Juga  17 Cara Inreyen Motor Baru Yang Baik 2023

d. Mencoba Starter Mobil
Coba menyalakan mesin mobil dalam keadaan dingin dan perhatikan apakah mobil menyala dengan lancar tanpa tersendat-sendat. Jika mobil mengalami kendala saat dinyalakan, kemungkinan ada masalah pada aki mobil atau jarang dilakukan servis secara berkala.

2. Cara Mengecek Mobil Bekas: Memeriksa Bagian Eksterior

Selanjutnya, periksa kondisi eksterior mobil bekas. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

a. Memeriksa Ban
Perhatikan keausan pada ban mobil. Jika keausan tidak merata, ini bisa menjadi indikasi masalah pada suspensi atau kemudi mobil.

b. Memeriksa Bodi Mobil
Perhatikan apakah ada penyok, karat, goresan, atau kerusakan pada cat mobil. Pastikan juga tidak ada gelombang di permukaan bodi mobil.

c. Memeriksa Kondisi Bagasi
Periksa bagasi mobil untuk memastikan tidak ada kerusakan atau tanda keausan yang disebabkan oleh air. Pastikan juga bagasi bisa dibuka dan ditutup dengan mudah.

d. Memeriksa Bagian Kolong Mobil
Periksa bagian kolong mobil untuk memastikan tidak ada goresan atau kerusakan pada spakbor dan rangka mobil.

3. Cara Mengecek Mobil Bekas: Memeriksa Bagian Interior

Setelah memeriksa eksterior mobil bekas, langkah selanjutnya adalah memeriksa bagian interior mobil. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

a. Memeriksa Kondisi Kabin Mobil
Periksa kondisi kabin mobil, termasuk kursi dan pelapisnya. Perhatikan apakah ada kerusakan, noda, atau aus pada kursi dan pelapis mobil.

b. Memeriksa Fungsi AC
Hidupkan AC mobil dan periksa apakah AC berfungsi dengan baik. Pastikan suhu dan kipas AC dapat diatur dengan benar.

c. Memeriksa Fungsi Alat Elektronik
Periksa semua alat elektronik yang tersedia, seperti lampu indikator, layar, dan fitur-fitur lainnya. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Baca Juga  Karakteristik Mobil Boros Bensin

4. Cara Mengecek Mobil Bekas: Test Drive

Langkah berikutnya adalah melakukan test drive untuk memeriksa kondisi mobil saat dikendarai. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan test drive:

a. Pengecekan saat Test Drive
Perhatikan karakteristik setir dan panel instrumen pada dashboard. Jika terdapat masalah dengan setir atau indikator pada panel instrumen, ini bisa menjadi indikasi masalah pada mobil.

b. Pengecekan Selama Test Drive
Perhatikan adanya suara atau getaran yang tidak normal saat melakukan test drive. Periksa juga adanya kebocoran pelumas atau cairan lainnya.

5. Cara Mengecek Mobil Bekas: Dokumen dan Surat-surat

Terakhir, periksa kelengkapan dokumen dan surat-surat mobil bekas. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

a. Memeriksa Kelengkapan Dokumen
Periksa kelengkapan dokumen mobil, termasuk Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK), lembar pajak, dan faktur pembelian.

b. Meminta Kuitansi Pembelian
Jika membeli mobil bekas di bursa mobil bekas, minta kuitansi pembelian bermaterai 10.000. Kuitansi ini dapat menjadi bukti pembelian yang sah dan memudahkan proses balik nama.

6. Tips untuk Memeriksa Mobil Bekas

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk memeriksa mobil bekas:

a. Periksa Riwayat Service
Periksa riwayat servis mobil untuk mengetahui apakah mobil tersebut dirawat secara berkala. Pilih mobil yang memiliki riwayat servis menggunakan jasa bengkel resmi.

b. Jangan Tergiur Harga Sangat Murah
Hati-hati dengan mobil bekas yang dijual dengan harga sangat murah. Mobil tersebut mungkin memiliki masalah, seperti pernah terendam banjir atau mengalami kecelakaan. Lakukan riset harga pasaran untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan kondisi mobil.

c. Ajak Mekanik atau Orang yang Paham Otomotif
Jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang otomotif, ajaklah mekanik atau orang yang paham untuk membantu memeriksa mobil bekas. Dengarkan saran mereka dan perhatikan setiap masalah yang mereka temukan.

Baca Juga  Alasan Mesin Mobil Konvensional Harus Dipanasi

d. Jangan Terburu-buru
Jangan terburu-buru dalam memilih mobil bekas. Ambil waktu untuk membandingkan berbagai pilihan dari segi kualitas, harga, dan lainnya. Pastikan mobil yang Anda pilih dalam kondisi yang baik.

e. Lindungi Mobil dengan Asuransi
Jangan lupa untuk melindungi mobil bekas Anda dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Membeli mobil bekas memerlukan ketelitian dan kesabaran. Dengan mengikuti panduan dan tips yang disajikan dalam artikel ini, Anda dapat memeriksa mobil bekas secara efektif dan memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.