Home Berita 3 Metode Lelang dari IBID yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mengikutinya

3 Metode Lelang dari IBID yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mengikutinya

3 Metode Lelang dari IBID yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mengikutinya

by editorial

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan transaksi jual beli mobil secara online terutama di era serba digital seperti sekarang. Tapi, apakah kamu sudah mengetahui bahwa ada metode lelang barang yang dilakukan secara online?

Sebagian besar orang masih agak asing dengan metode lelang tersebut karena belum banyak platform yang menawarkan layanan tersebut. Tapi, tenang kini kamu bisa membeli mobil bekas secara online dengan metode lelang di IBID.

3 Metode Lelang dari IBID yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mengikutinya

Jenis-jenis Metode Lelang Online yang Disediakan IBID

Bagi kamu yang belum pernah mendengar, IBID-Balai Lelang Serasi (IBID) ialah balai lelang yang menyelenggarakan pelelangan produk otomotif dan non-otomotif.

Produk otomotif yang dimaksud yaitu kendaraan roda dua dan roda empat, sedangkan untuk barang non-otomotif yaitu gadget, alat berat, dan scrap.

IBID sendiri sudah beroperasi sejak tahun 2007 lalu yang merupakan anak perusahaan PT Serasi Autoraya (SERA) yang tergabung dalam Grup Astra. Perlu kamu tahu bahwa siapa pun bisa mengikuti lelang yang diselenggarakan IBID karena memang ditujukan untuk umum.

Jadwal lelang secara rutin diadakan IBID setiap minggu di 10 cabang yang tersebar di kota-kota di Indonesia. Tidak hanya itu, IBID telah menyelenggarakan lelang di 30 lebih kota di Indonesia. Berikut ini beberapa macam metode lelang yang diselenggarakan oleh IBID:

Live Auction

Live Auction ialah metode lelang regular yang rutin diselenggarakan setiap minggu di berbagai kota di Indonesia. Live Auction bisa diikuti secara online maupun onsite (di tempat) tapi karena adanya pandemi sekarang Live Auction hanya diselenggarakan secara online.

Kamu bisa mengikuti Live Auction melalui aplikasi atau website resmi IBID secara online. Dengan metode lelang satu ini kamu tidak hanya bisa menggunakan NPL Live tapi juga bisa menggunakan NPL Unlimited juga loh.

Ketika menggunakan NPL Unlimited kamu bisa memenangkan 5 unit lelang dalam 1 jadwal selama 6 bulan dan tidak perlu beli-beli NPL Live lagi.

Untuk menggunakan NPL Unlimited kamu harus menjadi member Gold atau platinum dan melakukan deposit sebesar Rp20 juta. Tenang, kamu bisa menarik deposit tersebut setelah tidak memerlukan NPL Unlimited lagi.

Timed Auction

Timed Auction ialah lelang berjangka yang diadakan eksklusif hanya di aplikasi IBID jadi setiap barang yang dilelang memiliki durasi waktu tertentu. Durasi Timed Auction biasanya mulai satu hingga beberapa hari ke depan.

Jadi, selama barang tersebut masih tersedia, kamu masih bisa mengajukan penawaran melalui aplikasi IBID hingga waktu lelang berakhir.

Flash Auction

Fash Auction adalah lelang online yang tidak terhubung dengan jadwal lelang reguler di kota mana pun. Flash Auction dilakukan dalam durasi waktu yang singkat di aplikasi IBID.

Saat mengikuti metode lelang ini kamu bisa menyaksikan inspektor menjelaskan kondisi kendaraan yang dilelang melalui fitur Live Stream. Tidak hanya itu, kamu dan peserta lainnya juga bisa menanyakan kondisi kendaraan tersebut saat Live Streaming berlangsung melalui fitur Live Chat.

Bagaimana menarik bukan metode lelang yang ditawarkan IBID? Jadi, tunggu apalagi segera download aplikasi IBID di Google Play Store atau App Store dan temukan mobil incaranmu di sana.

You may also like