Berita

By editorial

Hyundai Kona EV Menjadi Mobil Listrik Terlaris di Indonesia Tahun 2021

Peningkatan penjualan mobil listrk di Indonesia semakin meningkat diiringi dengan banyaknya produsen otomotif yang turut memproduksi kendaraan listrik dengan beragam pilihan kepada konsumennya.

Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Listrik Bermotor Indonesia (Gaikindo), total mobil baru yang terjual secara whole sales sebanyak 887.202 unit dan total mobil yang terjual secara retail sales sebanyak 863.348 unit.

Dari data tersebut, mobil listrik turut menyumbang 0sebagian jumlah yang ada. Jenis mobil listrik yang terjual adalah mobil listrik dengan merek All New Nissan Leaf, Hyundai Ioniq EV, dan Hyundai Kona EV. Dari beberapa merek mobil ini, Hyundai Kona EV berhasil mendapuk peringkat pertama sebagai mobil listrik terlairs di Indonesia.

Jumlah kendaraan yang terjual mengalami peningkatan di tahun 2021 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Meskipun demikian, mobil listrik tetap kalah telak jika dibandingkan dengan total jumlah penjualan mobil dengan pembakaran internal.

Hyundai Kona EV dibandrol dengan harga Rp. 674 juta dengan bentuk yang sporty seperti SUV pada umumnya namun terlihat cukup futuristis. Dengan jarak tempuh mencapai 345 Km berdasarkan pengujian dari NEDC dan 289
(berdasarkan pengujian dari WLTP) untuk sekali pengisian daya.

Adapun pengisian daya membutuhkan waktu hingga 54 menit dari nol ke 80 persen. Untuk motor penggeraknya, Hyundai menggunakan motor listrik singkron bermagnet permanen dengan besaran torsi 395Nm.

Hyundai Kona EV menggunakan sistem Shift-by-wire yang membuat proses permindahan menjadi lebih mudah karena hanya perlu menggunakan sebuah tombol.

Fitur yang disematkan dalam Hyundai Kona Electric juga sangat canggih. Misalnya Hyundai menyematkan berbagai fitur seperti Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Rear View Monitor with Dynamic Parking Guides, Drive Mode Select dan lain sebagainya.

Baca Juga  Jaminan Garansi Mesin 10 tahun Chery Indonesia

Hyundai Kona EV memuat lima tempat duduk. Untuk bagian bagasinya, Hyundai Kona EV dapat menampung 332 liter dan ini adalah jumlah yang cukup luas dikelasnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di perkotaan.

Dengan segala macam keunggulan yang ditawarkan oleh Hyundai, tak mengherankan jika kendaraan ini cukup laris di tanah air.