Home Tips Otomotif Cara Merawat Radiator Mobil Tua Agar Tidak Overheat

Cara Merawat Radiator Mobil Tua Agar Tidak Overheat

by editorial
cara merawat radiator mobil tua agar tidak overheat

Radiator mobil bekas bisa diservis khusus untuk menjaga keawetan komponen tersebut. Kita tahu bahwa ketika sebuah mobil tua jelas memiliki kondisi yang membutuhkan perhatian. Jadi kita perlu memperhatikan dan merawatnya dengan baik. Apalagi belakangan ini, membeli mobil tua sepertinya menjadi tren yang diminati anak muda. Tidak hanya setelah tahun 80-an dan 70-an, tetapi sekarang milenial memiliki minat yang sama. Bahkan, beberapa komunitas telah menjadi forum mereka. Hal-hal seperti ini pasti menyenangkan dan memperluas hubungan. Pasalnya, tidak semua orang bisa memiliki koleksi mobil bekas sebanyak itu. Pemeliharaan dan harga jual yang tinggi juga menjadikannya bisnis yang menguntungkan. Berikut cara merawat radiator jika anda tidak sempat mengunjungi Auto2000 Raden Intan yang berlokasi di Jl. Raden Intan, 61A, Lampung,yang beroperasi dari senin sampai sabtu di jam 09.00 – 15.00 dengan promo promo yang menarik. 

Cara sederhana merawat radiator mobil bekas

cara merawat radiator mobil tua agar tidak overheat

sumber : auto200

Kami memiliki beberapa tips yang bisa Anda ikuti jika ingin melakukan perawatan radiator. Terutama bagi pemilik mobil tua. Ini untuk menjaganya tetap dalam kondisi prima saat kita berkendara. Jadi simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Mengatur pendinginan

Pertama, kita harus menyadari bahwa jika radiator terlalu panas atau terlalu panas, dapat dengan mudah rusak. Jadi kita bisa mulai mengatur pendinginan saat ingin berpergian. Banyak hal yang dapat menyebabkan panas berlebih. Perlu kita ketahui jika kendaraan yang digunakan memang benar-benar berbeda dengan mobil biasa. Mobil tua seperti ini menuntut kita untuk ekstra hati-hati dan sering-sering mengecek kondisi radiator. Biasanya di jalan kita lebih sering berhenti untuk mendinginkan mesin. Ingatlah untuk tidak memaksa mesin bekerja terlalu keras. Jika indikator mencapai tanda merah, kita harus segera berhenti. Akan lebih baik jika Anda berhenti ketika penunjuk sudah setengah jalan. Tampaknya sepele untuk merawat radiator mobil tua dengan mengatur pendinginan seperti ini. Namun, itu akan sangat berguna dalam perjalanan panjang seperti bepergian atau bahkan berjalan pulang. Semakin kita mempertahankan kondisi kendaraan dengan baik, perjalanan akan terasa lebih halus dan lebih menarik. 

Periksa kemurnian pelat pendingin

radiator 2 katup

sumber : auto200

Saat mengurus teknik berikutnya, kita perlu mengendalikan kebersihan radiator mobil lama. Pada mobil yang lebih tua, jelas bahwa kerak lebih mudah terbentuk. Alasannya adalah bagian-bagian dari masa lalu tidak sebagus mobil-mobil hari ini. Jika kita tidak memeriksa dengan seksama, kita membuat pengoperasian radiator rentan terhadap gangguan. Ini secara otomatis membuat kita terkena gangguan. Jadi sering-seringlah memeriksa dan mencegah bagian-bagian penting radiator berkarat. Solusinya adalah merawat radiator mobil tua dengan membersihkan karat sebelum menumpuk. Sangat berbahaya jika saluran tertutup karat. Pastikan untuk menghilangkan karat secara menyeluruh agar kinerjanya tetap maksimal. 

Periksa bagian-bagian selang radiator

Periksa kemurnian pelat pendingin

sumber : auto200

Komponen yang mungkin mengalami penyumbatan kerak ini juga memiliki hambatan listrik yang cukup sensitif. Jadi akan lebih baik jika kita selalu tahu cara terbaik untuk merawatnya. Periksa mis. selalu dua selang utama, bagian atas dan bawah saluran penghubung. Jangan putuskan selang ini karena akan menyebabkan kebocoran selama pendinginan. Ini akan menghambat proses pendinginan mesin dan karenanya tidak akan sangat efisien. Perawatan radiator mobil lama bisa selalu fokus pada penggantian selang. Di 50.000 km setidaknya kita harus menggantinya atau memeriksa kebocoran terlebih dahulu. bagian termostat

Bagian penting ini memiliki fungsi pendinginan tambahan. Jadi jika kontrol suhu dan pendinginan tidak sebagus biasanya, periksa dulu. Pembuangan panas dan pendinginan mesin yang tepat akan meningkatkan performa mobil. Jadi jika mesin sudah panas dan tidak didinginkan dengan benar maka akan gagal. Mobil harus dibawa langsung ke garasi untuk pelepasan yang tepat. Solusi terbaik mungkin untuk merawat radiator mobil lama Anda dengan beberapa cara yang disebutkan di atas. Jadi, meskipun mobil memiliki mesin tua, Anda tidak boleh melewatkan mesin tersebut untuk menjaga performa.

Pentingnya sistem radiator dalam berkendara mengharuskan kita untuk rutin melakukan servis dan pengecekan pada bengkel resmi Auto2000 Raden Intan di Jl. Raden Intan, 61A, Lampung,yang beroperasi dari senin sampai sabtu di jam 09.00 – 15.00 dengan promo promo yang menarik. 

  1. Hal ini dikarenakan kerusakan atau kondisi sistem radiator tidak optimal yang tidak terdeteksi pada mobil dapat menyebabkan masalah besar dan membahayakan. 

Segera kunjungi Auto2000 Digiroom untuk kemudahan reservasi layanan purnajual yang mudah dan jenis layanan lainnya yang AutoFamily butuhkan seperti mengecek harga produk Toyota lainnya seperti Toyota Agya.

You may also like