Home » Cari Tahu Perbedaan Plat XY dan Plat YY Pada Motor

Cari Tahu Perbedaan Plat XY dan Plat YY Pada Motor

editorial January 19, 2023

Plat no pada kendaraan bermotor telah jadi bukti diri untuk motor itu sendiri, apalagi dari plat motor tersebut kita bisa mengenali kalau kendaraan itu telah bayar pajak ataupun belum.

Di media sosial TikTok tersebar suatu video yang mengatakan kalau kendaraan bermotor yang dibeli secara tunai dengan yang dibeli secara kredit bisa dibedakan bersumber pada no dini plat no kendaraan tersebut.

Video itu mengatakan kalau plat no yang berawalan dengan angka 4 ataupun 6 menampilkan kalau kendaraan tersebut dibeli secara cash, sedangka angka lain menampilkan motor dibeli secara kredit.

Tetapi statment itu nyatanya tidak benar, dilansir dari kompas, Kasubdit STNK Direktorat Pendaftaran serta Identifikasi Korlantas Polri Komisaris Besar METER Taslim Chairuddin berkata kalau data menimpa penomoran pada plat no yang menunjukkan pembelian secara kredit ataupun cash merupakan tidak benar.

Penomoran pada plat no kendaraan itu dicoba secara sistematis serta penomoran hendak urut secara otomatis. Pemberian pelayanan regident pada kendaraan bermotor ini mempunyai tujuan buat melindungi warga atas kepemilikan ranmor (kendaraan bermotor).

Tidak hanya itu dijalanan pula tersebar sepeda motor dengan plat no berakhiran XY, XY, YY serta YX dengan warna plat putih menunjukkan kalau plat tersebut merupakan ciri coba no kendaraan bermotor (TCKB), sehingga tidak bisa dibawa keluar kota.

Tidak hanya itu plat motor XY serta YY ini menunjukkan metode pembelian sepeda motor tersebut. Plat dengan akhiran XY menunjukkan motor yang dibeli secara cash serta lunas, sebaliknya motor dengan plat YY menunjukkan kalau motor dibeli secara kredit.