Review

By editorial

Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Estilo: Memaksimalkan Potensi Hatchback yang Sporty dan Mudah Dimodifikasi

Honda Civic Estilo, sebagai penerus Honda Civic Nouva, merupakan hatchback mungil yang menawarkan desain 3 pintu dengan performa mesin andal berkapasitas 1.596 cc SOHC yang mampu menghasilkan tenaga hingga 120 HP. Mobil ini juga menggunakan beberapa bagian yang sama dengan saudaranya, Honda Civic Genio.

Pada awalnya, Honda Civic Estilo dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Honda Civic Genio. Hal ini disebabkan karena pada masa itu, masyarakat Indonesia masih kurang tertarik dengan desain mobil yang kecil. Namun, berkat prestasinya dalam meraih berbagai trofi kemenangan di ajang balapan, popularitas Honda Civic Estilo semakin meningkat di kalangan pecinta kecepatan.

Tidak dapat dipungkiri, bobot mobil yang ringan dan mesin yang mudah dimodifikasi menjadi keunggulan utama Honda Civic Estilo. Tidak heran jika saat ini mobil ini memiliki harga yang dua kali lipat lebih tinggi daripada Honda Civic Genio.

Pada tahun 1994, Honda melakukan facelift pada Honda Civic Estilo. Tampilan headlamp dan taillamp diubah agar kesan sporty lebih terlihat. Selain itu, velg palang lima juga mengalami perubahan dengan motif kipas dan palang yang lebih banyak. Meskipun demikian, beberapa perubahan pada velg ini menuai kritikan karena mengurangi karakter hatchback sport murni yang dimiliki oleh mobil ini. Pada tahun berikutnya, Honda mengganti radiator 1-ply menjadi 2-ply untuk menghindari masalah overheat atau kelebihan panas.

Berikut ini adalah beberapa informasi penting mengenai kelebihan dan kekurangan Honda Civic Estilo yang dijual di Indonesia pada periode 1992 hingga 1995.

Kelebihan Honda Civic Estilo

  1. Harga jual kembali yang sangat baik dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Honda Civic Estilo memiliki nilai jual kembali yang tinggi, membuatnya menjadi pilihan yang cerdas dalam hal investasi. Jika Anda memutuskan untuk menjual mobil ini di kemudian hari, Anda berpotensi mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa pesaingnya di kelas yang sama.
  2. Kesannya yang sporty sangat terlihat. Dengan desain yang mengusung konsep sporty, Honda Civic Estilo menarik perhatian para penggemar mobil dengan tampilan yang atraktif dan dinamis. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang populer di kalangan mereka yang menginginkan mobil dengan gaya yang unik dan berbeda.
  3. Mudah dimodifikasi ke berbagai aliran. Karena popularitasnya di dunia modifikasi, Honda Civic Estilo menyediakan banyak opsi dan kemudahan dalam melakukan modifikasi eksterior dan interior. Dengan berbagai pilihan aksesori dan suku cadang yang tersedia di pasaran, Anda dapat dengan mudah mengubah penampilan mobil ini sesuai dengan selera dan gaya pribadi Anda.
  4. Konsumsi bahan bakar irit, 1:10 untuk di dalam kota dan 1:12 untuk di luar kota. Keiritan konsumsi bahan bakar adalah salah satu keunggulan Honda Civic Estilo. Dengan rasio konsumsi bahan bakar yang baik, mobil ini dapat membantu penggunanya menghemat biaya operasional sehari-hari.
  5. Tersedia banyak suku cadang bekas (limbah) dari Singapura. Kelebihan lain dari Honda Civic Estilo adalah ketersediaan suku cadang bekas (limbah) dari Singapura. Hal ini menjadikan pemilik mobil ini lebih mudah dalam mencari dan mendapatkan suku cadang yang diperlukan untuk perawatan dan perbaikan.
  6. Stabil hingga kecepatan tinggi. Meskipun merupakan mobil dengan ukuran yang kompak, Honda Civic Estilo tetap menawarkan stabilitas yang baik pada kecepatan tinggi. Dengan sistem double disc dan suspensi jenis double wishbone yang diterapkan, mobil ini memberikan performa yang dapat diandalkan serta kenyamanan saat melaju di jalan raya.
Baca Juga  Kekurangan Innova 2013

Kekurangan Honda Civic Estilo

  1. Sulit menemukan mobil dalam kondisi standar. Saat ini, menemukan Honda Civic Estilo dalam kondisi standar menjadi sebuah tantangan. Banyak pemilik mobil ini yang melakukan modifikasi ekstensif, sehingga sulit untuk menemukan unit yang masih dalam keadaan asli. Bagi Anda yang menginginkan mobil dengan keadaan standar, perlu bersabar dan teliti dalam mencarinya.
  2. Belum menerapkan mesin bersistem VTEC. Honda Civic Estilo tidak dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Timing and Lift Electronic Control (VTEC) yang terkenal. Meskipun tetap andal dalam performa dan daya jelajahnya, kehadiran teknologi VTEC dapat memberikan peningkatan tenaga dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.
  3. Kualitas doortrim, dashboard, serta bahan beludru jok terkesan murah. Beberapa pengguna Honda Civic Estilo mengkritik kualitas doortrim, dashboard, dan bahan beludru jok yang terkesan murah. Ini dapat menjadi catatan bagi mereka yang mengutamakan tampilan interior yang premium dan berkualitas tinggi.
  4. Tidak dilengkapi dengan console box. Salah satu kekurangan lainnya adalah absennya console box di dalam kabin mobil. Hal ini dapat mempengaruhi kepraktisan dan kenyamanan dalam menyimpan barang-barang kecil di dalam mobil.

Dalam kesimpulannya, Honda Civic Estilo memiliki kelebihan yang signifikan sebagai hatchback yang sporty dan mudah dimodifikasi. Harga jual kembali yang tinggi, tampilan yang menarik, kemudahan dalam modifikasi, konsumsi bahan bakar yang irit, ketersediaan suku cadang bekas, serta stabilitas pada kecepatan tinggi menjadi daya tarik utama mobil ini. Namun, perlu diperhatikan bahwa sulitnya menemukan mobil dalam kondisi standar, ketiadaan mesin bersistem VTEC, kualitas interior yang terkesan murah, dan ketiadaan console box adalah beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan.