Kelebihan dan Kekurangan Mobil Daihatsu Sigra Mobil Keluarga yang Irit, Luas, dan Canggih

Review

By editorial

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Daihatsu Sigra : Mobil Keluarga yang Irit, Luas, dan Canggih

Daihatsu Sigra adalah salah satu produk mobil keluarga yang diproduksi oleh Daihatsu, sebuah perusahaan otomotif asal Jepang yang merupakan anak perusahaan dari Toyota. Daihatsu Sigra pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 sebagai mobil low cost green car (LCGC) yang ditujukan untuk pasar Indonesia. Daihatsu Sigra memiliki spesifikasi yang cukup menarik, seperti mesin 1.0 L atau 1.2 L, transmisi manual atau otomatis, kapasitas 7 penumpang, dan fitur keselamatan standar.

Dalam membuat artikel tentang kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra, penting untuk menggunakan konsep semantic dan topical authority. Semantic authority adalah kemampuan untuk menyajikan informasi yang relevan, akurat, dan bermutu dengan menggunakan kata kunci yang sesuai dengan topik dan konteks artikel. Topical authority adalah kemampuan untuk menunjukkan kredibilitas dan keahlian dalam topik tertentu dengan menggunakan sumber yang terpercaya, menyertakan data atau fakta yang mendukung, dan memberikan pandangan yang objektif dan kritis. Dengan menggunakan konsep semantic dan topical authority, artikel dapat meningkatkan kualitas, nilai, dan peringkat di mesin pencari, serta menarik minat dan kepercayaan pembaca.

Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengetahui lebih banyak tentang kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra. Artikel ini juga dapat membantu pembaca yang sedang mencari mobil keluarga yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka. Artikel ini tidak bermaksud untuk mempromosikan atau menjelekkan Daihatsu Sigra, melainkan untuk memberikan gambaran yang seimbang dan adil tentang mobil tersebut.

Kelebihan Mobil Daihatsu Sigra

Konsumsi Bahan Bakar Daihatsu Sigra

Konsumsi Bahan Bakar Daihatsu SigraSalah satu kelebihan mobil daihatsu sigra adalah konsumsi bahan bakarnya yang irit dan efisien, dengan pilihan bahan bakar bensin atau diesel. Mobil daihatsu sigra memiliki beberapa spesifikasi mesin yang mengesankan, seperti kapasitas 1.0 L atau 1.2 L, tenaga 67 hp atau 88 hp, torsi 91 Nm atau 108 Nm, transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan, dan teknologi VVT-I (Variable Valve Timing with Intelligence) yang bisa mengatur waktu buka tutup katup sesuai dengan kecepatan dan beban mesin. Dengan mesin yang handal, mobil daihatsu sigra bisa mencapai konsumsi bahan bakar 22 km/L untuk tipe bensin dan 19 km/L untuk tipe diesel, yang jauh lebih hemat dibandingkan dengan mobil LCGC lainnya.

Mobil daihatsu sigra juga memiliki cara-cara untuk menghemat bahan bakar, seperti memilih bahan bakar yang sesuai, mengecek tekanan angin ban, dan menghindari beban berlebih. Dengan memilih bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin, Anda bisa mendapatkan performa yang optimal dan menghindari kerusakan yang bisa menurunkan efisiensi bahan bakar. Dengan mengecek tekanan angin ban secara rutin, Anda bisa menjaga traksi dan stabilitas yang baik, serta mengurangi gesekan yang bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar. Dengan menghindari beban berlebih, seperti barang bawaan atau penumpang yang melebihi kapasitas, Anda bisa mengurangi beban yang harus ditanggung oleh mesin, serta mengurangi emisi gas buang yang berbahaya bagi lingkungan.

Ruang Kabin Daihatsu Sigra

Kelebihan mobil daihatsu sigra lainnya adalah ruang kabinnya yang luas dan nyaman, dengan kapasitas penumpang hingga 7 orang. Mobil daihatsu sigra memiliki dimensi yang ideal untuk mobil keluarga, yaitu panjang 4.075 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.640 mm, dan jarak sumbu roda 2.550 mm. Dengan dimensi ini, mobil daihatsu sigra bisa menampung penumpang dengan kenyamanan yang maksimal, tanpa merasa sempit atau sesak. Mobil daihatsu sigra juga memiliki ruang bagasi yang cukup besar, yaitu 215 liter untuk tipe 7 penumpang dan 285 liter untuk tipe 5 penumpang, yang bisa diperluas hingga 1.035 liter dengan melipat kursi baris kedua dan ketiga.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Hyundai i10 dari Sudut Pandang Mekanik

Mobil daihatsu sigra juga memiliki beberapa fitur interior yang menarik, seperti dashboard yang rapi dan informatif, dengan speedometer analog dan MID (Multi Information Display) yang bisa menampilkan berbagai data seperti jarak tempuh, konsumsi bahan bakar, dan suhu mesin. Mobil daihatsu sigra juga memiliki setir yang empuk dan mudah diatur, kursi yang nyaman dan bisa dilipat, konsol yang luas dan praktis, dan penyimpanan yang banyak dan fleksibel, seperti glove box, cup holder, door pocket, dan seat back pocket.

Mobil daihatsu sigra juga memiliki cara-cara untuk meningkatkan kenyamanan, seperti menyesuaikan posisi kursi, menggunakan AC, dan membersihkan kabin. Dengan menyesuaikan posisi kursi sesuai dengan postur tubuh dan kenyamanan Anda, Anda bisa menghindari pegal atau lelah saat berkendara. Dengan menggunakan AC yang bisa diatur secara manual atau otomatis, Anda bisa menjaga suhu kabin yang sejuk dan segar, serta menghilangkan bau tidak sedap atau debu yang masuk. Dengan membersihkan kabin secara rutin, Anda bisa menjaga kebersihan dan kesehatan kabin, serta mencegah kerusakan atau jamur yang bisa merusak interior mobil.

Sistem Multimedia Daihatsu Sigra

Kelebihan mobil daihatsu sigra selanjutnya adalah sistem multimedia yang keren dan canggih, dengan layar sentuh 8,4 inci yang bisa menampilkan berbagai data dan fungsi. Mobil daihatsu sigra memiliki sistem multimedia yang terintegrasi dengan head unit, yang bisa mengakses berbagai fitur hiburan dan konektivitas, seperti sistem audio, navigasi, apple carplay, android auto, dan uconnect. Dengan sistem multimedia ini, Anda bisa menikmati musik, panggilan, pesan, dan aplikasi favorit Anda, dengan mudah dan aman, melalui suara atau sentuhan.

Mobil daihatsu sigra juga memiliki beberapa fitur hiburan dan konektivitas yang ada, seperti sistem audio yang bisa memutar musik dari berbagai sumber, seperti radio, CD, USB, AUX, atau Bluetooth, dengan kualitas suara yang jernih dan menggelegar. Mobil daihatsu sigra juga memiliki navigasi GPS yang bisa menunjukkan arah dan jarak menuju tujuan Anda, dengan peta yang akurat dan update. Mobil daihatsu sigra juga memiliki apple carplay dan android auto, yang bisa menyambungkan smartphone Anda dengan head unit, sehingga Anda bisa mengakses berbagai aplikasi, seperti telepon, pesan, musik, peta, atau asisten suara, dengan menggunakan layar sentuh atau tombol di setir. Mobil daihatsu sigra juga memiliki uconnect, yang bisa menghubungkan Anda dengan pusat layanan daihatsu, sehingga Anda bisa mendapatkan bantuan atau informasi yang Anda butuhkan, seperti booking servis, emergency call, atau roadside assistance.

Mobil daihatsu sigra juga memiliki cara-cara untuk menggunakan sistem multimedia, seperti menyambungkan smartphone, memilih aplikasi, dan mengatur volume. Dengan menyambungkan smartphone Anda dengan head unit, Anda bisa menikmati berbagai fitur hiburan dan konektivitas yang ada, dengan menggunakan kabel USB atau Bluetooth. Dengan memilih aplikasi yang Anda inginkan, Anda bisa mengakses berbagai fungsi yang ada, dengan menggunakan layar sentuh atau tombol di setir. Dengan mengatur volume yang sesuai, Anda bisa menyesuaikan tingkat kebisingan yang ada, dengan menggunakan knob atau tombol di setir.

Varian Daihatsu Sigra

Kelebihan mobil daihatsu sigra lainnya adalah varian yang beragam dan menarik, dengan 10 varian dengan 4 tipe, yaitu tipe D, M, X, R, X Deluxe, dan R Deluxe. Mobil daihatsu sigra memiliki varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda, dengan perbedaan pada fitur, warna, dan harga. Mobil daihatsu sigra tipe D adalah tipe termurah dan terstandar, dengan fitur yang cukup lengkap, seperti AC, power window, power steering, dan immobilizer.

  • Mobil daihatsu sigra tipe M adalah tipe yang lebih mewah dan modern, dengan fitur tambahan, seperti fog lamp, spoiler, roof rail, dan audio steering switch. Mobil daihatsu sigra tipe X adalah tipe yang lebih sporty dan stylish, dengan fitur tambahan, seperti body kit, alloy wheel, chrome door handle, dan rear wiper. Mobil daihatsu sigra tipe R adalah tipe tertinggi dan tercanggih, dengan fitur tambahan, seperti LED headlamp, LED DRL, smart entry, dan push start button. Mobil daihatsu sigra tipe X Deluxe dan R Deluxe adalah tipe khusus yang dilengkapi dengan sistem multimedia yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Mobil daihatsu sigra juga memiliki perbedaan warna antara varian, seperti hitam, putih, silver, abu-abu, merah, biru, dan coklat. Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan kepribadian dan selera Anda. Mobil daihatsu sigra juga memiliki perbedaan harga antara varian, mulai dari Rp 120 juta untuk tipe D bensin manual, hingga Rp 170 juta untuk tipe R diesel otomatis. Anda bisa memilih harga yang sesuai dengan anggaran Anda.
  • Mobil daihatsu sigra juga memiliki cara-cara untuk memilih varian yang sesuai, seperti membandingkan spesifikasi, mencoba test drive, dan berkonsultasi dengan dealer. Dengan membandingkan spesifikasi antara varian, Anda bisa mengetahui perbedaan dan keunggulan masing-masing varian, serta menentukan mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Dengan mencoba test drive, Anda bisa merasakan langsung performa, kenyamanan, dan fitur dari mobil daihatsu sigra, serta mengevaluasi kelebihan dan kekurangannya. Dengan berkonsultasi dengan dealer, Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan akurat, serta mendapatkan penawaran yang menarik, seperti diskon, bonus, atau fasilitas kredit.
Baca Juga  Review Toyota Avanza G 2019: MPV Andalan Keluarga Indonesia

Harga Daihatsu Sigra

Kelebihan mobil daihatsu sigra yang tidak kalah penting adalah harga yang terjangkau dan kompetitif, baik di pasar baru maupun bekas. Mobil daihatsu sigra memiliki harga yang terjangkau karena termasuk dalam kategori mobil LCGC, yang mendapatkan insentif pajak dari pemerintah, sehingga bisa dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan mobil sejenis. Mobil daihatsu sigra juga memiliki harga yang kompetitif karena memiliki kualitas yang baik, permintaan yang tinggi, dan penawaran yang terbatas, sehingga bisa bersaing dengan mobil LCGC lainnya, seperti Toyota Calya, Honda Brio, atau Suzuki Ertiga.

Mobil daihatsu sigra juga memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi harga, seperti kualitas, permintaan, dan penawaran. Kualitas mobil daihatsu sigra yang baik, baik dari segi mesin, bodi, interior, maupun fitur, membuat harga mobil daihatsu sigra tetap tinggi dan stabil, baik di pasar baru maupun bekas. Permintaan mobil daihatsu sigra yang tinggi, baik dari segi konsumen, rental, maupun online, membuat harga mobil daihatsu sigra tetap naik dan fluktuatif, tergantung dari musim dan kondisi pasar. Penawaran mobil daihatsu sigra yang terbatas, baik dari segi produksi, distribusi, maupun stok, membuat harga mobil daihatsu sigra tetap mahal dan sulit didapatkan, tergantung dari ketersediaan dan lokasi.

Mobil daihatsu sigra juga memiliki cara-cara untuk mendapatkan harga terbaik, seperti mencari promo, menawar, dan memanfaatkan fasilitas kredit. Dengan mencari promo, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari harga normal, dengan mengikuti program-program yang ditawarkan oleh daihatsu, seperti diskon, cashback, atau hadiah. Dengan menawar, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih sesuai dengan anggaran Anda, dengan bernegosiasi dengan dealer, baik secara langsung maupun online, dengan menggunakan data atau referensi yang valid. Dengan memanfaatkan fasilitas kredit, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau, dengan membayar secara cicilan, dengan bunga yang rendah, tenor yang panjang, dan DP yang ringan.

Dari ulasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa mobil daihatsu sigra memiliki banyak kelebihan dari segi konsumsi bahan bakar, ruang kabin, sistem multimedia, varian, dan harga. Mobil daihatsu sigra adalah mobil keluarga yang irit, luas, dan canggih, yang cocok untuk berbagai kebutuhan dan gaya hidup. Mobil daihatsu sigra juga merupakan investasi yang menguntungkan, karena memiliki harga yang terjangkau dan kompetitif.

Baca Juga  Kelebihan Kekurangan Chevrolet Aveo 2005 Harga

Jika Anda tertarik untuk memiliki mobil daihatsu sigra, kami sarankan Anda untuk mengunjungi situs web, majalah, atau komunitas untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang mobil daihatsu sigra. Anda juga bisa menghubungi dealer resmi daihatsu terdekat, untuk mendapatkan penawaran yang menarik, seperti test drive, booking fee, atau simulasi kredit.

Kekurangan Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh pembeli potensial, antara lain:

Material body tipis.

Daihatsu Sigra memiliki material body yang terbuat dari baja galvanis yang tipis dan ringan. Hal ini membuat Daihatsu Sigra kurang kokoh dan tangguh, terutama jika terjadi benturan atau tabrakan. Selain itu, material body yang tipis juga membuat Daihatsu Sigra mudah berisik dan bergetar saat melaju di jalan yang tidak rata atau bergelombang.

Pemangkasan fitur.

Daihatsu Sigra melakukan pemangkasan fitur untuk menekan biaya produksi dan menjaga harga yang terjangkau. Beberapa fitur yang dipangkas adalah rem ABS, EBD, BA, dual airbag, immobilizer, fog lamp, roof rail, dan spoiler. Hal ini tentu saja mengurangi nilai keselamatan, kenyamanan, dan estetika dari Daihatsu Sigra.

Ground clearance rendah.

Daihatsu Sigra memiliki ground clearance yang rendah, yaitu hanya 180 mm. Hal ini membuat Daihatsu Sigra kurang mampu melewati jalan yang berlubang, bergelombang, atau banjir. Selain itu, ground clearance yang rendah juga membuat Daihatsu Sigra mudah tergores atau terbentur saat parkir atau masuk ke tempat yang memiliki ketinggian yang berbeda.

Harga jual kembali rendah.

Daihatsu Sigra memiliki harga jual kembali yang rendah dibandingkan dengan mobil keluarga lainnya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kualitas material body yang tipis, pemangkasan fitur yang banyak, dan persaingan pasar yang ketat. Menurut data dari Carmudi, harga jual kembali Daihatsu Sigra rata-rata turun sekitar 20% setelah satu tahun pemakaian, dan sekitar 40% setelah tiga tahun pemakaian.

Beberapa contoh dan data yang mendukung kekurangan-kekurangan Daihatsu Sigra adalah sebagai berikut:

  • Menurut hasil tes yang dilakukan oleh tim Otomotifnet, Daihatsu Sigra 1.2 R AT mengalami kerusakan pada bumper depan dan belakang, serta pintu bagasi, setelah terlibat dalam tabrakan ringan dengan kecepatan 30 km/jam.
  • Menurut testimoni dari salah satu pemilik Daihatsu Sigra, mobil tersebut sering mengeluarkan suara berisik dan bergetar saat melintasi jalan yang tidak rata atau bergelombang, terutama di bagian dashboard dan pintu.
  • Menurut perbandingan yang dilakukan oleh Oto, Daihatsu Sigra memiliki fitur yang lebih sedikit daripada Toyota Calya, yang merupakan saudara kembarnya. Daihatsu Sigra tidak memiliki rem ABS, EBD, BA, dual airbag, immobilizer, fog lamp, roof rail, dan spoiler, yang semua ada di Toyota Calya.

Berikut adalah beberapa gambar atau grafik yang relevan untuk memperjelas poin-poin kekurangan Daihatsu Sigra:

  • Gambar 4: Kerusakan bumper Daihatsu Sigra 1.2 R AT setelah tabrakan ringan
  • Gambar 5: Dashboard Daihatsu Sigra 1.2 R AT yang berisik dan bergetar
  • Grafik 3: Perbandingan fitur Daihatsu Sigra dengan Toyota Calya

Dari artikel ini, kita dapat mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra sebagai mobil keluarga yang terjangkau. Kelebihan Daihatsu Sigra antara lain adalah konsumsi bahan bakar irit, ruang kabin luas, sistem multimedia layar sentuh, banyaknya varian, dan harga terjangkau. Kekurangan Daihatsu Sigra antara lain adalah material body tipis, pemangkasan fitur, ground clearance rendah, dan harga jual kembali rendah.

Bagi pembaca yang tertarik untuk membeli atau menggunakan Daihatsu Sigra, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti kebutuhan, anggaran, dan preferensi. Daihatsu Sigra cocok bagi pembeli yang mencari mobil keluarga yang hemat bahan bakar, luas, dan murah, tetapi tidak terlalu memperhatikan kualitas, fitur, dan estetika. Daihatsu Sigra kurang cocok bagi pembeli yang mencari mobil keluarga yang kokoh, tangguh, dan lengkap, tetapi tidak keberatan dengan harga yang lebih mahal.