sedan Mazda Interplay 1991 di kota (1)

Review

By editorial

Kelebihan dan Kekurangan Mazda Interplay: Review Lengkap dari Segi Teknis, Desain, dan Harga

Mazda Interplay adalah salah satu mobil legendaris yang pernah diproduksi dan dijual oleh Mazda Indonesia. Mobil ini merupakan generasi keempat dari Mazda 323, yang juga dikenal dengan nama Mazda Familia atau Mazda Protege di luar negeri. Mazda Interplay pertama kali diluncurkan pada tahun 1989 dan terus dipasarkan sampai tahun 1998, meskipun hanya untuk armada taksi pada tahun-tahun terakhirnya. Mazda Interplay memiliki banyak penggemar dan komunitas di Indonesia, karena menawarkan kualitas, kenyamanan, dan performa yang baik dengan harga yang terjangkau.

Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan informasi lengkap tentang kelebihan dan kekurangan Mazda Interplay dari segi teknis, desain, dan harga. Artikel ini akan membahas secara detail tentang spesifikasi mesin, transmisi, suspensi, rem, dan fitur keselamatan Mazda Interplay, serta aspek-aspek desain seperti eksterior, interior, dan kabin. Selain itu, artikel ini juga akan mengulas tentang kisaran harga, ketersediaan sparepart, biaya perawatan, nilai jual, pajak, dan asuransi Mazda Interplay. Artikel ini juga akan memberikan contoh dan bukti yang mendukung poin-poin yang dibahas, seperti testimoni pengguna, data spesifikasi, dan perbandingan dengan mobil sejenis.

Kelebihan Mazda Interplay

sedan Mazda Interplay 1991 (1)Mazda Interplay memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menjadi mobil yang diminati oleh banyak orang. Berikut adalah beberapa kelebihan Mazda Interplay dari segi teknis, desain, dan harga.

Kelebihan Mazda Interplay dari Segi Teknis

Mazda Interplay memiliki spesifikasi teknis yang cukup mumpuni untuk ukuran mobil keluarga pada masanya. Berikut adalah beberapa kelebihan Mazda Interplay dari segi teknis:

  • Mesin: Mazda Interplay menggunakan mesin bensin 4 silinder segaris dengan kapasitas 1.5 liter. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 88 hp pada 5500 rpm dan torsi maksimal 125 Nm pada 3500 rpm. Mesin ini juga dilengkapi dengan sistem injeksi elektronik (EFI) yang membuatnya lebih irit dan responsif. Mesin ini juga terkenal dengan ketahanan dan keawetannya, serta mudah untuk dimodifikasi dan dioprek.
  • Transmisi: Mazda Interplay tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Transmisi manual memberikan sensasi berkendara yang lebih sporty dan menyenangkan, sedangkan transmisi otomatis memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mengemudi. Transmisi Mazda Interplay juga tergolong halus dan presisi, serta jarang mengalami masalah.
  • Suspensi: Mazda Interplay menggunakan suspensi depan jenis MacPherson strut dan suspensi belakang jenis torsion beam. Suspensi ini memberikan keseimbangan antara kenyamanan dan stabilitas, serta mampu menyerap getaran dan goncangan dengan baik. Suspensi Mazda Interplay juga cukup fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pengguna.
  • Rem: Mazda Interplay menggunakan rem cakram di depan dan rem tromol di belakang. Rem ini memberikan daya pengereman yang cukup baik dan aman, serta mudah untuk dirawat dan diganti. Rem Mazda Interplay juga dilengkapi dengan sistem pengereman anti terkunci (ABS) yang mencegah roda terkunci saat mengerem mendadak.
  • Fitur Keselamatan: Mazda Interplay memiliki beberapa fitur keselamatan yang bisa melindungi pengemudi dan penumpang dari risiko kecelakaan. Beberapa fitur keselamatan tersebut adalah sabuk pengaman, kantong udara, bumper depan dan belakang yang bisa menyerap benturan, struktur bodi yang kokoh, dan sistem imobilizer yang mencegah pencurian.
Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Estate / Magnum

Kelebihan Mazda Interplay dari Segi Desain

Mazda Interplay memiliki desain yang cukup menarik dan elegan untuk ukuran mobil keluarga pada masanya. Berikut adalah beberapa kelebihan Mazda Interplay dari segi desain:

  • Eksterior: Mazda Interplay memiliki bentuk bodi yang aerodinamis dan ramping, dengan lekukan-lekukan yang halus dan proporsional. Mazda Interplay juga memiliki grille depan yang khas dengan logo Mazda di tengahnya, serta lampu depan dan belakang yang besar dan terang. Mazda Interplay juga memiliki beberapa pilihan warna yang menarik, seperti merah, biru, hitam, putih, dan silver.
  • Interior: Mazda Interplay memiliki interior yang cukup luas dan nyaman, dengan kapasitas untuk lima orang dewasa. Mazda Interplay juga memiliki dashboard yang rapi dan informatif, dengan instrumen panel yang mudah dibaca dan tombol-tombol yang mudah dijangkau. Mazda Interplay juga memiliki sistem audio yang berkualitas, dengan radio, kaset, dan CD player. Mazda Interplay juga memiliki AC yang dingin dan kipas angin yang kuat.
  • Kabin: Mazda Interplay memiliki kabin yang cukup lega dan ergonomis, dengan jok yang empuk dan bisa diatur posisinya. Mazda Interplay juga memiliki ruang kaki, ruang kepala, dan ruang bahu yang cukup lapang, sehingga pengemudi dan penumpang bisa duduk dengan nyaman. Mazda Interplay juga memiliki konsol tengah yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang kecil, serta laci-laci dan kantong-kantong yang tersebar di dalam kabin.

Kelebihan Mazda Interplay dari Segi Harga

Mazda Interplay memiliki harga yang cukup terjangkau dan kompetitif untuk ukuran mobil keluarga pada masanya. Berikut adalah beberapa kelebihan Mazda Interplay dari segi harga:

  • Kisaran Harga: Mazda Interplay memiliki kisaran harga yang bervariasi tergantung pada kondisi, tahun pembuatan, dan jenis transmisinya. Secara umum, harga Mazda Interplay bekas berkisar antara 20 juta sampai 40 juta rupiah. Harga ini terbilang murah jika dibandingkan dengan mobil sejenis yang memiliki spesifikasi dan kualitas yang setara atau lebih rendah.
  • Ketersediaan Sparepart: Mazda Interplay memiliki sparepart yang cukup mudah didapatkan dan harganya juga terjangkau. Sparepart Mazda Interplay bisa ditemukan di bengkel resmi Mazda, bengkel umum, toko onderdil, atau pasar loak. Sparepart Mazda Interplay juga bisa diganti dengan sparepart dari mobil lain yang kompatibel, seperti Toyota Corolla, Honda Civic, atau Suzuki Baleno.
  • Biaya Perawatan: Mazda Interplay memiliki biaya perawatan yang cukup rendah dan hemat. Mazda Interplay tidak membutuhkan perawatan yang sering dan mahal, karena mesin dan komponen-komponennya tergolong awet dan tahan lama. Mazda Interplay juga tidak boros bahan bakar, karena mesinnya irit dan efisien. Mazda Interplay juga tidak membutuhkan modifikasi atau upgrade yang banyak, karena performa dan desainnya sudah cukup baik.
Baca Juga  Kelebihan Kekurangan Innova 2005 Tangguh

Kekurangan Mazda Interplay

Mazda Interplay juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh calon pembeli atau pemilik. Berikut adalah beberapa kekurangan Mazda Interplay dari segi teknis, desain, dan harga.

Kekurangan Mazda Interplay dari Segi Teknis

Mazda Interplay 1991 (1)Mazda Interplay memiliki spesifikasi teknis yang cukup baik, namun tidak sempurna. Berikut adalah beberapa kekurangan Mazda Interplay dari segi teknis:

  • Konsumsi Bahan Bakar: Mazda Interplay memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup tinggi, terutama untuk transmisi otomatis. Mazda Interplay bisa menghabiskan sekitar 10-12 liter bensin untuk setiap 100 km jarak tempuh di dalam kota, dan sekitar 8-10 liter bensin untuk setiap 100 km jarak tempuh di luar kota . Konsumsi bahan bakar ini terbilang boros jika dibandingkan dengan mobil sejenis yang lebih hemat dan ramah lingkungan.
  • Emisi: Mazda Interplay memiliki emisi gas buang yang cukup tinggi, terutama untuk mesin karburator. Mazda Interplay bisa mengeluarkan sekitar 180-200 gram CO2 untuk setiap km jarak tempuh. Emisi gas buang ini terbilang tinggi jika dibandingkan dengan mobil sejenis yang lebih bersih dan memenuhi standar Euro.
  • Performa: Mazda Interplay memiliki performa yang cukup baik, namun tidak terlalu istimewa. Mazda Interplay bisa mencapai kecepatan maksimal sekitar 160-170 km/jam, dan bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu sekitar 12-14 detik . Performa ini terbilang standar jika dibandingkan dengan mobil sejenis yang lebih cepat dan bertenaga.

Kekurangan Mazda Interplay dari Segi Desain

Mazda Interplay memiliki desain yang cukup menarik, namun tidak terlalu modern. Berikut adalah beberapa kekurangan Mazda Interplay dari segi desain:

  • Ukuran: Mazda Interplay memiliki ukuran yang cukup kecil, terutama untuk panjang dan lebarnya. Mazda Interplay memiliki panjang sekitar 4,2 meter, lebar sekitar 1,7 meter, dan tinggi sekitar 1,4 meter . Ukuran ini terbilang kecil jika dibandingkan dengan mobil sejenis yang lebih besar dan lapang.
  • Berat: Mazda Interplay memiliki berat yang cukup berat, terutama untuk transmisi otomatis. Mazda Interplay memiliki berat sekitar 1,1-1,2 ton . Berat ini terbilang berat jika dibandingkan dengan mobil sejenis yang lebih ringan dan lincah.
  • Kapasitas Bagasi: Mazda Interplay memiliki kapasitas bagasi yang cukup kecil, terutama untuk model hatchback. Mazda Interplay memiliki kapasitas bagasi sekitar 300-400 liter . Kapasitas bagasi ini terbilang kecil jika dibandingkan dengan mobil sejenis yang lebih luas dan fleksibel.
Baca Juga  Kekurangan Captiva 2019 Harga

Kekurangan Mazda Interplay dari Segi Harga

Mazda Interplay memiliki harga yang cukup terjangkau, namun tidak terlalu menguntungkan. Berikut adalah beberapa kekurangan Mazda Interplay dari segi harga:

  • Nilai Jual: Mazda Interplay memiliki nilai jual yang cukup rendah, terutama untuk model yang sudah tua dan rusak. Mazda Interplay bisa dijual dengan harga sekitar 10-20 juta rupiah, atau bahkan lebih rendah jika kondisinya buruk . Nilai jual ini terbilang rendah jika dibandingkan dengan mobil sejenis yang lebih stabil dan diminati.
  • Pajak: Mazda Interplay memiliki pajak yang cukup tinggi, terutama untuk model yang sudah lama dan jarang diproduksi. Mazda Interplay bisa dikenakan pajak sekitar 1-2 juta rupiah per tahun, atau bahkan lebih tinggi jika terlambat membayar atau memiliki tunggakan. Pajak ini terbilang tinggi jika dibandingkan dengan mobil sejenis yang lebih murah dan mudah.
  • Asuransi: Mazda Interplay memiliki asuransi yang cukup mahal, terutama untuk model yang sudah tua dan berisiko. Mazda Interplay bisa dikenakan asuransi sekitar 2-3 juta rupiah per tahun, atau bahkan lebih mahal jika memiliki klaim atau kecelakaan. Asuransi ini terbilang mahal jika dibandingkan dengan mobil sejenis yang lebih murah dan aman.

Mazda Interplay adalah mobil keluarga yang memiliki banyak kelebihan dan kekurangan dari segi teknis, desain, dan harga. Kelebihan Mazda Interplay adalah mesin, transmisi, suspensi, rem, fitur keselamatan, eksterior, interior, kabin, kisaran harga, ketersediaan sparepart, dan biaya perawatan. Kekurangan Mazda Interplay adalah konsumsi bahan bakar, emisi, performa, ukuran, berat, kapasitas bagasi, nilai jual, pajak, dan asuransi.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli atau menjual Mazda Interplay, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, seperti:

  • Kriteria: Anda harus menentukan kriteria mobil yang Anda inginkan, seperti kondisi, tahun pembuatan, jenis transmisi, warna, dan lain-lain. Anda juga harus menyesuaikan kriteria Anda dengan anggaran dan kebutuhan Anda, serta membandingkan dengan mobil sejenis yang tersedia di pasaran.
  • Tips: Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang Mazda Interplay, seperti spesifikasi, fitur, harga, review, dan komunitas. Anda juga harus melakukan inspeksi dan test drive sebelum membeli atau menjual Mazda Interplay, serta melakukan negosiasi yang wajar dan adil.
  • Alternatif: Anda harus mempertimbangkan alternatif lain selain Mazda Interplay, seperti mobil keluarga lain yang memiliki spesifikasi, kualitas, dan harga yang lebih baik atau sesuai dengan selera Anda. Beberapa contoh alternatif yang bisa Anda pilih adalah Toyota Corolla, Honda Civic, Suzuki Baleno, Daihatsu Charade, atau Mitsubishi Lancer.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang kelebihan dan kekurangan Mazda Interplay. Semoga artikel ini bisa memberikan Anda informasi yang bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang mobil ini. Jika Anda memiliki komentar, pertanyaan, atau masukan tentang Mazda Interplay, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya! 😊