Home Berita Mercedes Akan Perkenalkan Mobil Listriknya ke Indonesia Tahun ini

Mercedes Akan Perkenalkan Mobil Listriknya ke Indonesia Tahun ini

by editorial
Mercedes Akan Perkenalkan Mobil Listriknya ke Indonesia Tahun ini min

Persaingan mobil listrik di tanah air kian memanas. Banyak pabrikan mobil yang mulai beralih memproduksi mobil listrik untuk merebut hati masyarakat. Sebelumnya pasar mobil listrik diisi oleh merek seperti Nissan, Lexus, BMW, dan Hyundai. Kali ini Mercedes-Benz berencana menghadirkan mobil listriknya ke Indonesia.

Adapun mobil listrik pertama kali yang akan diperkenalkan di Indonesia oleh Mercedes-Benz adalah Mercedes-Benz EQS yang memiliki keunggulan dalam teknologi baterainya.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Choi Duk Jun, Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, pada 2022 ini akan ada 10 mobil listrik model terbaru yang nantinya akan diperkenalkan.

Dengan kapasitas 107,8 kWh, Mercedes-Benz EQS dapat melaju hingga 770 kilometer dalam sekali pengecasan berdasarkan pengujian Worldwide Harmonised Light Vehicle Tes Preocedure (WLTP). Dalam pengujiannya itu, perjalanan yang ditempuh adalah dari Munchen ke Berlin tanpa berhenti.

 Untuk pengecasan, waktu yang dibutuhkan dari 10 persen ke 100 persen adalah 11,25 jam apabila menggunakan changer berdaya AC 240V. Sedangkan jika menggunakan kabel pengecasan DC 200 kW maka besaran daya yang sama dapat terisi dalam waktu 31 menit saja.

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) memang telah mengambil peluang dalam bisnis mobil listrik di Indonesia dengan menghadirkan Mercedes-Benz E300e AMG Line pada 2019 silam. Ini adalah mobil berjenis plug hybrid.

Namun sayagnya menurut Karyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Opertion and Product Management Mercedes-Benz mengungkapkan bahwa mobil bertipe plug hybrid yang menyasar ke segmen premium masih belum diminati di Indonesia karena harganya yang kurang kompetitif. Harganya sendiri mencapai 1,9 miliar rupiah.

Setelah sebelumnya menghadirkan mobil berjenis hybrid, maka pada kuartal kedua tahun 2022 ini, Mercedes-Benz mengeluarkan Mercedes-Benz EQS berjenis mobil listrik murni.

Sebelumnya Mercedes-Benz EQS telah dirilis di Eropa pada April 2021 lalu dengan harga Rp. 1,7 miliar dengan satu motor listrik. Sedangkan dengan dua motor listrik, harga yang dibandrol mencapai 2,2 miliar.

Desain yang diusungnya terlihat mewah dan futuristis. Adapun tipe yang akan dihadirkan adalah EQS 450+ dan EQS 580 4MATIC.

 

You may also like