Home Berita Rahasia Mengapa Mobil Listrik China Sangat Terjangkau Diungkap Profesor Jepang Ini

Rahasia Mengapa Mobil Listrik China Sangat Terjangkau Diungkap Profesor Jepang Ini

by editorial
Rahasia Mengapa Mobil Listrik China Sangat Terjangkau Diungkap Profesor Jepang Ini min

Industri otomotif China sedang bangkit dengan menghadirkan mobil bertenaga listrik yang sangat diminati masyarakat di seluruh dunia. Ketertarikan besar para konsumen terhadap mobil listrik buatan China adalah karena harganya yang sangat terjangkau dengan spesifikasi yang sangat mumpuni jauh melampaui pesaingnya.

Mengenai hal ini, salah seorang profesor dari Nagoya University, Masayoshi Yamamoto membeberkan mengapa mobil listrik buatan China bisa sangat murah. Bahkan mobil listrik terlaris di dunia juga berasal dari China yaitu Wuling Hongguang Mini EV.

Masayoshi Yamamoto secara khusus mennyelidiki mobil Wuling Hongguang Mini EV untuk mencari tahu jawaban mengapa pabrikan mobil listrik tersebut mampu memproduksi dengan harga yang sangat murah dibandingkan dengan mobil listrik lainnya.

Wuling Hongguang Mini EV pertama kali dikenalkan ke publik pada 2020 lalu dan disambut baik oleh masyarakat China. Mobil listrik ini terjual sebanyak 500.000 unit yang menjadikannya sebagai mobil listrik terlaris di dunia. Mobil listrik ini dijual dengan harga 28.800 yuan atau sekitar Rp. 65 juta.

Untuk memenuhi rasa ingin tahunya, Masayoshi Yamamoto memulainya dengan memboyong mobil listrik China tersebut ke Jepang kemudian membongkar seluruh komponen mobil menjadi bagian terpisah. Setelah itu ia menghitung estimasi harga komponen penyusun mobil Wuling Hongguang Mini EV ini. Ia menemukan bahwa harga seluruh komponen mobil listrik Wuling Hongguang Min EV ini hanya 480 ribu Yen atau setara dengan Rp. 59 juta.

Hasil pengamatannya cukup mengejutkan dirinya sendiri sebab diluar dugaan, komponen penyusun Wuling Hongguang Mini EV ini cukup rendah. Padahal biasanya komponen penyusun mobil listrik memiliki harga yang tinggi.

Jika biasanya mobil listrik perlu komponen eksklusif yang memang dirancang untuk mobil listrik yang hendak diproduksi, berbeda dengan Wuling Hongguang Mini EV. Komponen yang digunakan oleh mobil listrik ini bukan komponen eksklusif. Komponen yang digunakan adalah komponen yang sangat mudah ditemukan bagian-bagiannya. Menurut Masayoshi Yamamoto, bahkan kita dapat menemukan komponen mobil listrik ini dalam laci perlengkapan rumah.

Ia juga mengungkapkan bahwa komponen yang digunakan mobil Wuling Hongguang Mini EV digunakan tak hanya untuk mobil listrik namun juga untuk industri lainnya dan sangat umum digunakan.

 

You may also like