Review

By editorial

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Kotak Super/Grand

Toyota Kijang Kotak Super/Grand adalah salah satu mobil keluarga legendaris di Indonesia yang masih digemari oleh banyak orang hingga saat ini. Meskipun mobil ini sudah ada sejak lama, namun kelebihan dan kekurangan dari mobil ini tetap menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan detail mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Kijang Kotak Super/Grand.

Kelebihan Toyota Kijang Kotak Super/Grand

Performa yang handal

Toyota Kijang Kotak Super/Grand dikenal memiliki performa yang handal, terutama pada mesin dieselnya. Mesin diesel Toyota Kijang Kotak Super/Grand dapat bekerja dengan baik di medan yang berat sekalipun, seperti saat melakukan perjalanan jarak jauh atau melintasi jalanan yang terjal. Mesin ini juga tahan lama dan mudah dirawat.

Ruang kabin yang luas

Toyota Kijang Kotak Super/Grand memiliki ruang kabin yang luas dan dapat menampung banyak penumpang maupun barang. Hal ini membuat mobil ini sangat cocok untuk kebutuhan keluarga atau perjalanan jarak jauh. Selain itu, kursi pada mobil ini juga cukup empuk dan nyaman untuk duduk.

Mudah didapatkan suku cadangnya

Toyota Kijang Kotak Super/Grand sudah ada sejak lama dan memiliki banyak penggemar di Indonesia. Oleh karena itu, suku cadang untuk mobil ini sangat mudah didapatkan di pasar atau bengkel resmi Toyota. Hal ini membuat perawatan mobil ini lebih mudah dan murah.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Mobil Toyota Raize 2023 : Spesifikasi, Keunggulan, dan Kelemahan

Harga jual yang tinggi

Meskipun Toyota Kijang Kotak Super/Grand sudah ada sejak lama, namun harga jualnya masih cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena mobil ini masih digemari oleh banyak orang dan memiliki nilai sejarah yang tinggi di Indonesia. Oleh karena itu, mobil ini masih menjadi pilihan yang baik untuk investasi jangka panjang.

Cocok untuk kebutuhan keluarga

Toyota Kijang Kotak Super/Grand sangat cocok untuk kebutuhan keluarga, terutama bagi yang memiliki anggota keluarga yang banyak atau sering melakukan perjalanan jarak jauh. Mobil ini dapat menampung banyak penumpang dan barang, serta cukup nyaman untuk berkendara dalam waktu yang lama.

Kekurangan Toyota Kijang Kotak Super/Grand

Desain yang kuno

Salah satu kekurangan Toyota Kijang Kotak Super/Grand adalah desainnya yang tergolong kuno. Desain mobil ini masih menggunakan gaya kotak dengan sudut-sudut tegas yang terkesan kaku. Hal ini membuat mobil ini kurang diminati oleh masyarakat yang lebih menyukai desain mobil yang lebih modern dan stylish.

Konsumsi bahan bakar yang tinggi

Meskipun mesin Toyota Kijang Kotak Super/Grand terkenal handal, namun konsumsi bahan bakarnya tergolong tinggi. Hal ini dikarenakan mobil ini menggunakan mesin yang cukup besar dan juga berat. Oleh karena itu, perlu perawatan yang ekstra agar mobil ini tetap irit dalam penggunaan bahan bakar.

Sistem suspensi yang keras

Toyota Kijang Kotak Super/Grand memiliki sistem suspensi yang cukup keras. Hal ini membuat mobil ini terasa kurang nyaman saat melintasi jalan yang bergelombang atau berlubang. Selain itu, sistem suspensi yang keras juga membuat mobil ini kurang stabil saat melewati tikungan dengan kecepatan tinggi.

Tidak aman dalam tabrakan

Salah satu kelemahan Toyota Kijang Kotak Super/Grand adalah kurangnya fitur keamanan pada mobil ini. Mobil ini belum dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan modern seperti airbag, rem ABS, dan fitur keselamatan lainnya. Oleh karena itu, mobil ini kurang aman jika terjadi tabrakan.

Baca Juga  Kelebihan serta Kekurangan dan Harga Mobil Geely Panda

Kurang nyaman saat berkendara

Selain sistem suspensi yang keras, Toyota Kijang Kotak Super/Grand juga kurang nyaman saat berkendara. Hal ini disebabkan oleh posisi duduk yang kurang ergonomis, serta kabin yang bising dan kurang kedap suara. Mobil ini juga kurang stabil saat berkendara pada kecepatan tinggi.

Toyota Kijang Kotak Super/Grand merupakan mobil keluarga yang legendaris di Indonesia. Meskipun mobil ini memiliki kelebihan seperti performa yang handal, ruang kabin yang luas, dan mudah didapatkan suku cadangnya, namun mobil ini juga memiliki kekurangan seperti desain yang kuno, konsumsi bahan bakar yang tinggi, sistem suspensi yang keras, tidak aman dalam tabrakan, dan kurang nyaman saat berkendara. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli mobil ini, sebaiknya pertimbangkan dengan baik kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

FAQs

  1. Apa saja kelebihan Toyota Kijang Kotak Super/Grand?
  • Toyota Kijang Kotak Super/Grand memiliki performa yang handal, ruang kabin yang luas, mudah didapatkan suku cadangnya, harga jual yang tinggi, dan cocok untuk kebutuhan keluarga.
  1. Apa saja kekurangan Toyota Kijang Kotak Super/Grand?
  • Toyota Kijang Kotak Super/Grand memiliki desain yang kuno, konsumsi bahan bakar yang tinggi, sistem suspensi yang keras, tidak aman dalam tabrakan, dan kurang nyaman saat berkendara.
  1. Apakah Toyota Kijang Kotak Super/Grand masih layak untuk dibeli di era modern ini?
  • Hal ini tergantung pada kebutuhan dan preferensi pembeli. Jika Anda mencari mobil keluarga yang handal dan memiliki ruang kabin yang luas, serta tidak terlalu mempermasalahkan desain yang kuno, maka Toyota Kijang Kotak Super/Grand masih bisa menjadi pilihan yang tepat.
  1. Apakah Toyota Kijang Kotak Super/Grand memiliki versi yang lebih modern?
  • Toyota Kijang Kotak Super/Grand telah mengalami beberapa penyegaran dan perubahan di beberapa bagian mobilnya, namun tetap mempertahankan desain khasnya yang kotak. Beberapa versi terbaru dari Toyota Kijang antara lain Toyota Kijang Innova dan Toyota Kijang Venturer.
  1. Apakah Toyota Kijang Kotak Super/Grand mudah untuk dijual kembali?
  • Toyota Kijang Kotak Super/Grand memiliki harga jual yang cukup tinggi, terutama untuk versi yang masih dalam kondisi bagus dan terawat dengan baik. Namun, dengan semakin banyaknya pilihan mobil keluarga modern yang tersedia di pasaran, nilai jual Toyota Kijang Kotak Super/Grand mungkin akan turun seiring waktu.