Berita

By editorial

Nissan Umumkan Recall Kendaraan di Indonesia Terkait Masalah Airbag dan Pompa Bahan Bakar

Jakarta (JMB) – Produsen mobil asal Jepang, Nissan, telah mengumumkan kampanye penarikan kembali (recall) sejumlah model kendaraan mereka di Indonesia, karena terkait masalah pada kantong udara (airbag) dan pompa bahan bakar. Berikut adalah daftar model kendaraan yang terdampak recall tersebut.

Recall Terkait Masalah Airbag

Nissan Livina/GL/X-gear (generasi pertama) tahun produksi April 2007 – November 2013

Nissan Livina/GL (generasi kedua) tahun produksi Mei 2013 – Oktober 2017

Nissan Latio tahun produksi Agustus 2006 – Agustus 2009

Nissan Teana tahun produksi November 2004 – Oktober 2006

Nissan Sentra tahun produksi April 2002 – September 2002

Nissan X-Trail tahun produksi 2002 – 2008

Nissan Navara tahun produksi Januari 2007 – Desember 2014

Nissan Frontier tahun produksi 2009 – 2010

Head of Marketing Communication PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI), Julian Olmon, menjelaskan bahwa kendaraan-kendaraan tersebut mengalami masalah pada kantong udara. Seiring berjalannya waktu, suhu kendaraan yang tinggi dan kelembapan udara bisa menurunkan kinerja propelan airbag inflator.

Ketika kendaraan mengalami benturan yang dapat memicu kantong udara mengembang, maka ada kemungkinan metal inflator tempat penyimpanan kantong udara menjadi pecah akibat terlalu banyak mendapatkan tekanan internal.

“Penting untuk diingat, kerusakan Takata Airbag dapat membahayakan Anda dan penumpang kendaraan Anda,” terang Julian.

Nissan menyediakan suku cadang untuk semua kendaraan yang terdampak recall kantong udara. Adapun perbaikan hanya memerlukan waktu satu jam dan tidak dikenakan biaya alias gratis.

“Apabila kendaraan konsumen termasuk kategori kendaraan yang perlu melakukan recall Takata Airbag, silakan untuk mengunjungi bengkel resmi Nissan terdekat, atau hubungi NICOLE di 1500023,” terang Julian.

Recall Terkait Masalah Pompa Bahan Bakar

Baca Juga  Ciri Ciri Ban Tubeless Harus Diganti

Nissan juga melakukan kampanye penarikan kembali untuk model kendaraan All New Livina tahun produksi Februari – Agustus 2019 karena masalah pada pompa bahan bakar.

Pompa bahan bakar di dalam tangki bahan bakar dapat berhenti beroperasi, yang mengakibatkan mesin tidak dapat dihidupkan atau mesin mati ketika sedang dikendarai maupun setelah parkir.

Hal itu disebabkan oleh impeller di dalam pompa bahan bakar terbuat dari resin dapat melebar dan berubah bentuk, kemudian mengganggu bagian sekitarnya dan akhirnya berhenti berputar.

Nissan menyediakan suku cadang untuk kendaraan yang terdampak recall pompa bahan bakar. Perbaikan untuk pompa bahan bakar dik